Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) UPT. Perpustakaan 2021

Tarakan, lib.borneo.ac.id – UPT. Perpustakaan UBT mengadakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) yang merupakan laporan dan diskusi tentang status penerapan system manajemen mutu ISO 9001:2015 di UPT. Perpistaakaan UBT guna peningkatan mutu layanan menjadi lebih baik, yang dilaksanakan tanggal 15 – 16 Maret 2021, dipimpin oleh top manajemen (Kepala UPT. Perpustakaan UBT), diikuti oleh Tim ISO 9001 : 2015

Rapat Tinjauan Manajemen pada hakikatnya merupakan salah satu kegiatan wajib yang mesti dilakukan suatu organisasi yang sudah atau baru mulai menerapkan (melaksanakan) Sistem Penjaminan Mutu. Tujuan dari pelaksanaan rapat Tinjauan Manajemen (TM) adalah untuk meninjau hasil implementasi SMM dalam kurun waktu tertentu di hadapan Top Manajemen. Hasil dari implementasi SMM tersebut berupa:

  1. Tinjauan Input

Terdiri dari : Perbaikan efektifitas Sistem Manajemen Mutu dan perbaikan pada produk yang berkaitan dengan layanan perpustakaan yang dibutuhkan

Terdiri dari: hasil audit mutu internal, evaluasi capaian kinerja proses & produk (Sasaran Mutu) tahun 2020 untuk pebaikan tahun 2021 pada masing-masing bidang layanan, evaluasi capaian komponen akreditasi perpustakaan, pengendalian tindakan perbaikan & pencegahan, saran-saran perbaikan, tindak lanjut hasil manajemen lalu).

2. Tinjauan Output

Selain itu, RTM 2021  juga membahas beberapa perubahan eksternal yang mempengaruhi kinerja UPT. Perpustakaan UBT .

RTM ini adalah implementasi dari pelaksanaan siklus sistem penjaminan mutu internal dan juga merupakan bentuk kepatuhan terhadap sistem manajemen mutu yang dikembangkan di UPT. Perpustakaan UBT yaitu Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2015.

Dalam RTM kali ini, UPT. Pepustakaan UBT memperkenalkan desain kalender manajemen yang berisi siklus sistem penjaminan mutu dengan harapan dapat memberi panduan kepada semua staf Perpustakaan UBT dalam memahami dan menjalankan siklus tersebut di semua bidang. Kalender Manajemen ini disusun dengan menyertakan sasaran mutu yang dapat menjadi landasan atau target kinerja yang dapat dievaluasi Capaiannya di akhir tahun pencapaian. 

Semoga saja RTM 2020 menjadi dasar yang kuat untuk pengembangan mutu berkelanjutan mendukung pencapaian institusi menuju universitas unggul di masa mendatang. (16/13/2021)

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *